Kamis, 27 Oktober 2011

Laptop Sering Hang setelah Instal Ulang

Beberapa bulan lalu saya sempat mendapatkan kasus seperti ini, kasus ini terjadi pada Laptop Toshiba L645 dan kini kembali menyambagi saya lagi, namun kali ini dia singgah pada Laptop Lenovo G460. Tulisan berikut ini adalah cara yang saya tempuh untuk mengatasi permasalahan kedua laptop di atas.

Indikasi
Layar sering blank and terkadang setelah Loading Windows langsung muncul layar biru alias Blue Screen

Toshiba L645Lenovo G460

Error Detection
Pertama kali saya melihat kasus ini pikiran saya tertuju pasa System Operasinya, paling Windowsnya yang error jadi saya Instal Ulang menggunakan Windows 7 dan alhasil normal sampai selesai instal aplikasi-aplikasi lainnya. Setelah saya diamkan beberapa jam dan saya hidupkan lagi eh.. malah Windowsnya minta repair, hang, diem nggak mau masuk windows.

Akhirnya saya coba untuk Partisi ulang Harddisknya karena kemungkinan Drive C nya rusak, semuanya berjalan lancar dan apliikasi-aplikasi pun selesai saya Instal. Si pemilik Laptop pun saya talipun agar segera datang mengambil laptopnya karena sudah selesai dan harap jangan mengosongkan saku ketika mengambilnya. Hal naas kembali terjadi setelah si pemilik datang dan mencobanya, eh... malah hang lagi tu laptop, saya pun mengeluarkan 1001 macam alasan agar bisa dibenahi lagi. Si pemilik laptop pun saya suruh pulang dulu untuk menunggu talipun selanjutnya.

Setelah saya coba Instal dan Partisi ulang yang ke tiga kali dan sempat menggunakan Windows yang berbeda namun alhasil tetap saja seperti semula, saya pun menyimpulkan bahwa yang rusak adalah Positif Harddisknya.

Solution
Solusi yang paling tepat dan paling mujarab untuk kasus ini adalah mengganti Harddisk dengan yang baru, namun karena Laptop ini masih baru dan masih dalam kondisi garansi saya tidak membongkarnya karena takut segel Supplier rusak. Solusi yang kami ambil adalah mengirimnya kembali ke Supplier agar digantikan dengan harddisk yang baru

semoga secuil pengalaman ini bermanfaat......

Share/Save/Bookmark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar